Cara Mengatasi Lalat Penggorok Daun Atau Liriomyza

Sudah beberapa ahad ini kebun kami mendapat serangan yang luar biasa dari lalat penggorok daun atau biasa dikenal dengan nama lain yaitu Liriomyza. tanda-tanda yang nampak yaitu adanya jalur-jalur putih pada daun tanaman, dan biasanya yang diserang yaitu daun yang berwarna hijau.




Ukuran dari lalat ini sangatlah kecil bahkan kebun kami yang sudah memakai green house yang dilapisi dengan insect net pun tetap tembus, dan jikalau tidak di tangani dengan serius maka akan mengalami hal yang serupa dengan yang sudah kami alami di kebun yaitu gagal panen, pada awalnya kami anggap menyerupai serangga biasa, tapi ternyata makin hari makin bertambah banyak dan pada hasilnya menyerang keseluruhan sayuran didalam green house sehingga mengakibatkan gagal panen.



Oleh sebab itu ada baiknya teman-teman semua harus memonitoring dengan rutin kondisi sayuran teman-teman selain memonitoring PH, PPM, atau pun suhu, alangkah baiknya teman-teman juga memonitoring sayuran yang sedang teman-teman tanam, lihat daunnya ataupun pertumbuhannya apakah dikala ini sedang terjangkit hama atau tidak.

Untuk lebih jelasnya mengenai lalat penggorok daun berikut ini akan aku terangkan mengenai apa itu lalat penggorok daun dan bagaimana ciri-ciri sayuran yang sudah terinfeksi lalat, dan bagaimana cara mengatasinya:

A. Lalat Penggorok daun dan ciri-ciri serangannya.

1. Lalat penggorok daun atau liriomyza merupakan serangga yang menyerang daun, tapi sanggup juga menyerang batang muda dan juga buah.

2. Lalat ini menyerang daun dengan meletakan telurnya di penggalan epidermis daun

3. Siklus hidupnya berlangsung selama 22-25 hari, telur yang diletakan pada epidermis daun akan menetas sehabis 2-4 hari, kemudian larva akan memakan penggalan epidermis daun dan akan mengakibatkan bekas kerusakan yang jikalau dilihat dari luar menyerupai garis-garis putih, yang sebetulnya merupakan liang yang dibentuk oleh larva dan liang tersebut berkelok-kelok secara acak. Pada fase berikutnya larva akan menjelma pupa yang bersembunyi di dalam tanah atau diantara daun dan kemudian sehabis stadium pupa selesai maka akan menjelma lalat pandai balig cukup akal dan akan menyerang kembali daun yang lain untuk melanjutkan siklus hidupnya.

4. Lalat ini berkembang baik pada cuaca yang panas dan kelembaban rendah 

B. Cara Mengatasinya

1. Kita sanggup memakai yellow trap (perangkap kertas berwarna kuning dan terdapat lem di salah satu sisinya) atau sanggup juga memakai botol yang di cat kuning dan di berikan minyak agar lalat melekat pada minyak dan tidak sanggup terbang lagi.

2. Kita sanggup memakai pestisida alami menyerupai Naturo atau juga Neem Oil (minyak Mimba), dengan menyemprotkan pestisida alami tersebut keseluruh daun yang sudah terjangkit secara merata.

3. Kita sanggup menciptakan perangkap lalat dengan memakai botol bekas dan juga cairan petrogenol.

4. Kita sanggup memotong daun yang sudah terinfeksi menjauhkan dari green house dan membakarnya agar siklus hidup lalat tidak terjadi.

Berikut ini kami berikan video tutorial cara mengatasi lalat penggorok daun, mudah-mudahan sanggup membantu teman-teman untuk mengatasi hama lalat penggorok daun yang sedang menyerang tumbuhan hidroponik teman-teman semua.



Tetap monitoring terus sayuran hidroponik teman-teman semua, kontrol terus PH, PPM, Suhu, dan juga kondisi sayuran teman-teman semua, baik itu daunnya, pertumbuhannya, agar sayuran yang teman-teman tanam selalu dalam keadaan sehat dan terhindar dari hama, penyakit dan juga gagal panen, tetap semangat jangan menyerah, sukses terus untuk kalian semua. Salam Hidroponik

Comments

Popular posts from this blog

Cara Pembuatan Sistem Pasang Surut/Ebb And Flow/Flood And Drain System Hidroponik, Modal Hanya 30Ribu

Contact